Ormas Bagian Penting Dalam Pelestarian Nilai Kebangsaan

Posted by Administrator, dibaca : 231 kali

Anggota MPR RI dari unsur DPD RI Siska Marleni menilai, Organisasi Masyarakat (Ormas), salah satu element penting dalam peleataria nilai kebangsaan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Siska Marleni, dalam kegiatan Sosialisasi Nilai Kebangsaan bagi organisasi masa (ormas) di Bukit Sulap, Lubuk Linggau, Sabtu (19/11/ 2016).

Dalam paparannya, Siska menegaskan bahwa diperlukan peran dan sinergis semua elemen bangsa dalam melestarikan nilai-nilai kebangsaan dari berbagai dampak kemajuan teknologi dan media sosial. 

“Disamping memiliki sisi positif, kemajuan teknologi dan media sosial seiring berjalannya waktu akan menggerus nilai-nilai kebangsaan,” kata Siska.

Ormas yang dimaksud, yaitu Pemuda Pancasila,  Forum Komunikasi Putera Puteri Purnawirawan TNI (FKPPI), Keluarga Besar Putera Puteri Purnawirawan Polri (KBPPP), dan Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Lubuk Linggau.

Kegiatan ini juga dihadiri Walikota Lubuk Linggau, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Kantor Kesbangpol, camat dan lurah dalam lingkungan Kecamatan Lubuk Linggau Utara II.

Nara sumber dalam kegiatan tersebut dosen Fisipol Universitas Sriwijaya dan Rektor Universitas Taman Siswa Palembang Joko Siswanto, yang mengusur tema tantangan demokrasi dan nilai kebangsaan dalam era digital.

“Untuk itu, sebagai ormas, Pemuda Pancasila, FKPPI, KBPPP, dan PPM untuk terus mengawal pelestarian nilai-nilai kebangsaan bersama unsur masyarakat lainnya," lanjut Siska.

Disamping permasalahan nilai kebangsaan, dalam paparannya anggota Komite IV DPD RI ini juga memuji kinerja Walikota Lubuk Linggau atas prestasi dan gebrakan yang dilakukan. 

“Tidak diragukan lagi, prestasi dan capaian pak Nanan dalam melaksanakan amanah sebagai Walikota bukti kuat komitmen beliau atas visi dan misi yang dicanangkan,”terangnya. 

Merespon usulan tentang pembentukan lembaga khusus tingkat pusat yang fokus pada pelestarian nilai kebangsaan, Siska menyambut baik, dan akam diperjuangkan. 

“Keberadaan lembaga khusus tingkat pusat untuk pelestarian nilai kebangsaan dirasakan sangat mendesak untuk direalisasikan. Mari Pemuda Pancasila, FKPPI, KBPPP, PPM, dan hadirin semua untuk mengawal usulan ini”, ajak Siska.

Diakhir paparanya, Siska menghimbau kepada semua elemen bangsa untuk terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai kebangsaan dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam menyikapi situasi kekinian bangsa.

Sumber : Tribunsumsel

Polling

Bagaimana pendapat anda mengenai perkuliahan secara daring selama masa pandemi covid 19 di Universitas Tamansiswa Palembang?

  
Statistic
IP Anda : 35.173.215.75
Hari ini : 377 Views
Bulan ini : 644 Views
Total : 446293 Views
Sekretariat PPs
Jln. Tamansiswa No 261 Palembang.
Telepon 0711-359416
Email admin@unitaspalembang.ac.id